Inovasi Kades Pasongsongan AS Harianto

Kades Pasongsongan, Ahmad Saleh Harianto

Catatan: Yant Kaiy
Terobosan mengesankan Kepala Desa (Kades) Pasongsongan Kabupaten Sumenep, Ahmad Saleh Harianto, S.Pt sangat mendapat apresiasi luar biasa dari segenap warganya. Walau masih belum genap satu tahun menjabat, Kades AS Harianto sudah melakukan beberapa renovasi dan pembangunan sarana dan prasarana.

Mulai dari pembangunan jalan ke beberapa pelosok dusun, pembenahan Balai Desa, kedisiplinan dan instruksi peningkatan pelayanan aparatur desa terhadap semua warga masyarakatnya yang tidak tebang pilih, efisiensi anggaran sesuai peruntukannya yang diambil dari Dana Desa. Semua bergerak menciptakan nuansa baru demi satu tujuan, kemajuan desa untuk kesejahteraan bersama.

Atensi dari Kades AS Harianto melahirkan harapan baru menjanjikan. Bahkan tidak lama lagi akan segera dibangun swalayan BUMDes yang letaknya begitu strategis, simpang tiga menuju Pelabuhan Pasongsongan. Diharapkan dengan dibukannya swalayan ini dapat memberikan dampak signifikan sebagai simbol bahwa daerah yang terkenal dengan penganan khas petis pancetan telah bersolek, melangkah menuju gerbang kemajuan menjanjikan.

Diharapkan swalayan BUMDes bisa menjadi imperium bisnis yang menatalkan kesejahteraan bagi lebih separuh warganya yang bekerja sebagai nelayan.

Kita mafhum bersama, seorang nelayan penghasilannya tidak menentu. Kalau lagi tidak mujur, dia pulang tidak membawa hasil apa-apa. Malah dia rugi. Kalau beberapakali melaut tidak dapat hasil ikan, otomatis hidupnya akan sengsara. Tidak menutup kemungkinan juragan perahu dililit hutang. Ini sudah lama menjadi kajian Kades AS Harianto.

Maka dia mengambil satu langkah kebijakan yang bisa menciptakan proteksi kebangkrutan dari para juragan perahu. Sistemnya dengan berinvestasi di swalayan BUMDes. Dari sinilah mereka akan memperoleh pundi-pundi keuntungan.

Bravo buat Kades Pasongsongan AS Harianto.[]


Yant Kaiy, penjaga gawang apoymadura.com