Keputihan Derita Kaum Wanita (Bagian I dari 3 Tulisan)



Artikel Kesehatan: Yant Kaiy

Sudah banyak pasangan suami-istri yang bercerai karena sang istri menderita suatu penyakit, yakni penyakit keputihan. Sang suami menjadi kurang begitu puas karena dalam hubungan di atas ranjang terganggu. Si istri menuduh sang suami berbuat serong dengan wanita lain di luar. Sebaliknya sang suami yang tersinggung,  juga menuduh sang istri terlibat affair di luar.

Keputihan atau yang lebih dikenal dengan sebutan flour albus dapat ditandai dengan keluarnya cairan berwama keputihan, putih kekuningan atau putih bercampur darah yang keluar dari vagina pada saat tidak terangsang seksual. Di dalam penampakannya ada yang encer dan ada pula yang kental. Ada yang keluar sedikit demi sedikit dan juga ada yang banyak. Dapat juga berbau amis.

 

Penyebab

Yang paling sering menjadi biang keladi yaitu binatang bersel satu yang bernama Trichomonas Vaginalis yang berbentuk lonjong dan kepalanya berbulu sehingga ia tampak seperti berkumis. Sedangkan penyebab lain yang sering juga terjadi ialah sejenis jamur yang disebut Candida. Dan jenis inilah yang sering menimbulkan keputihan gatal.[]