In Memoriam Imam S Arifin

Imam S Arifin. (Foto: Yant Kaiy)

Catatan: Yant Kaiy

Imam S Arifin penyanyi dangdut berasal dari Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Madura. Selain sebagai penyanyi bersuara emas, dia juga menciptakan beberapa lagu. Banyak karya-karyanya menduduki top tangga musik di tanah air.

Pada 1989 saya pernah beranjangsana ke kediamannya di kawasan perumahan elite Jakarta Timur. Saya hanya kenal namanya. Saya diajak Agus Mein (pencipta lagu “Melati”) dan Zein Tamara (penyanyi lagu “Dinding Kaca”). Ternyata dalam mobil minivan ada Arif Iskandar (music arranger) dan Mahmud Yunus (special penyanyi lagu-lagu berbahasa Madura). Semua berasal dari kabupaten ujung timur Pulau Garam Madura.

Sekitar pukul 22.00 WIB kami sampai di rumahnya. Sebagai sesama orang Sumenep, saya langsung akrab dengan Imam S Arifin. Sikapnya yang terbuka dan baik hati membuat kami betah bersamanya. Perbincangan kami tentu seputar musik.

Semua teman saya rupanya sudah kenal sebelumnya. Karena latar belakang mereka sama-sama musisi. Hanya saya yang menggeluti dunia tulis-menulis.

Tadi sore (pukul 15.15 WIB) saya mendapat voice note dari Aji Lahaji (salah seorang musisi berasal dari Kalianget-Sumenep), bahwa Imam S Arifin meninggal dunia. Innalillahi wainna ilaihi rojiun.

Masyarakat Kota Keris Sumenep berduka atas kepergiannya. Artis dangdut ini menghembuskan nafas terakhir pukul 13.30 WIB (Jumat, 17/12/2021) di kampung halamannya, Kalianget-Sumenep. Selamat jalan taretan Imam S Arifin…[]