Peduli Pasar Pao Pasongsongan

Catatan: Yant Kaiy

Pasar Pao berlokasi di Desa/Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Posisinya berada di simpang tiga. Pasar tumpah ini informal, menempati pinggir jalan raya. Bahkan sekarang banyak diantara pedagang menempati bahu jalan provinsi tersebut.

Mereka tidak takut atau khawatir tiap detik jiwanya terancam bahaya. Karena arus lalu lintas cukup ramai. Yang penting dagangannya laris terjual habis

Disamping itu, Pasar Pao menyajikan kesemrawutan arus lalu lintas. Macet tiap hari. Parkir kendaraan roda dua dan roda empat seenak perutnya sendiri. Bongkar-muat truck menempati badan jalan raya menjadi pemandangan tidak asing lagi.

Dari sisi keindahan, Pasar Pao tidak sedap dipandang mata. Kumuh dan berbau. Air ikan dan air tahu dibuang ke tengah jalan raya. Semua toko menempati jalur pejalan kaki. Tidak ada lahan parkir.

Keprihatinan ini menjadi atensi luar biasa dari para tokoh masyarakat Pasongsongan. Mereka sangat membutuhkan perubahan fundamental terhadap Pasar Pao. Tapi mereka tidak punya kapasitas untuk hal itu.

Sedangkan Pasar Pasongsongan yang disediakan Pemerintah Kabupaten berada di Desa Panaongan. Tetapi setiap hari masyarakat tidak tertarik berjualan disitu. Hanya pada Selasa dan Sabtu pasar resmi ini ditempati.[]