Menyingkap Money Politic di Pemilu 2024

Catatan: Yant Kaiy

Awal puasa Ramadhan 2023 kemarin, Said Abdullah membagi-bagikan angpao kepada masyarakat di Sumenep. Amplop merah bergambar dirinya bersama Bupati Sumenep disebarkan di beberapa masjid dan musholla secara serentak.

Kita tahu Said Abdullah saat ini jadi Ketua Banggar (Badan Anggaran) DPR RI. Maka tak berlebihan kalau akhirnya ia berbagi talih asih terhadap masyarakat di tanah kelahirannya. Ia menyebut angpao itu sebagai zakat mal.

Tapi masyarakat yang tak kebagian angpao menilai, kalau aksi sosial Said Abdullah sebagai gerakan money politic. Ada pula diantara pemerhati politik yang mencibir, kalau apa yang dilakukan Said Abdullah sebagai tindakan pamer kekuatan finansial; curi start kampanye; curi perhatian agar mendapat tempat di hati masyarakat, dan seterusnya…

Dari sini kita bisa menelisik, kalau saat ini money politik tidak lagi jadi jurus andalan untuk mendulang suara terbanyak. Sangat disarankan bagi mereka yang akan maju di kompetisi Pemilu 2024 nanti untuk berpikir ulang dalam mencari trik politik alternatif.

- Yant Kaiy, Pimred apoymadura.com