Senam dan Gowes di Pelabuhan Bersejarah Pasongsongan Dilepas Sekdakab Sumenep

 

Peserta senam dan gowes di ppi pasongsongan
Peserta senam dan gowes di PPI Pasongsongan Sumenep. [Foto: Yant Kaiy]

apoymadura.com  -  Pelabuhan Pasongsongan atau kini lebih dikenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dalam catatan sejarah merupakan pelabuhan tempat para Raja Sumenep ketika hendak melakukan kunjungan ke pulau lain.

Pelabuhan Pasongsongan pada abad 15 Masehi sudah jadi tempat para saudagar luar negeri melakukan transaksi jual-beli. Tercatat saudagar Arab, India, dan Cina pernah menginjakkan kaki di pelabuhan ini. 

Dalam momentum Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 kali ini, Pemerintah Desa Pasongsongan menggelar senam dan olahraga bersepeda (gowes) bersama warga masyarakat Sumenep dan Pamekasan. Ahad (20/8/2023). 

Senam dan gowes di pelabuhan pasongsongan
Pemberangkatan peserta gowes PPI Pasongsongan kabupaten Sumenep. [Foto: Yant Kaiy]

Selesai acara senam bersama, langsung dilanjutkan dengan gowes yang dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasyadi. 

Hadir dalam acara tersebut Camat Pasongsongan, Kepala Desa Pasongsongan, Asisten Pemerintahan Umum Sekretaris Daerah (Moh Ramli), Direktur Utama BPRS Bhakti Sumekar (Hairil Fajar), Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Mohamad Iksan). 

"Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini. Semoga kegiatan ini akan berkelanjutan kedepannya," ucap Edy Rasyadi dalam kata sambutan singkatnya.

Dalam gowes bersama tersebut diikuti oleh beberapa komunitas sepeda dari Kabupaten Sumenep dan Pamekasan. Gowes menempuh jarak 7 kilometer. [kay]