Ajang Kreasi Seni 2024: Malam Semarak Lepas Pisah Siswa Akhir SDN Panaongan 3 Pasongsongan Sumenep

Agus sugianto kepala sdn panaongan 3 pasongsongan
Agus Sugianto,S.Pd, Kepala SDN Panaongan 3 Pasongsongan Sumenep. [Foto: Yant Kaiy]

apoymadura.com  - Malam Semarak Lepas Pisah Siswa Akhir SDN Panaongan 3 Pasongsongan Sumenep berhasil menjadi ajang yang tidak hanya meriah tetapi juga penuh makna. Rabu malam (19/6/2024). 

"Kami memilih kreasi seni budaya sebagai bentuk perayaan perpisahan lantaran kami ingin menunjukkan komitmen dalam mendidik siswa menjadi individu yang kreatif, berbakat, dan berbudaya," terang Agus Sugianto. 

Berbeda dengan kebanyakan sekolah yang memilih untuk mengadakan study tour sebagai perayaan perpisahan, SDN Panaongan 3 mengambil langkah unik dengan menyelenggarakan ajang kreasi seni budaya di lingkungan sekolah mereka sendiri.

"Keputusan untuk menggelar ajang kreasi seni ini bukan tanpa alasan. Bagi kami, pilihan ini didasarkan pada keyakinan bahwa kegiatan seni dan budaya memiliki nilai lebih dalam membangun kreativitas dan karakter siswa," ujar Agus Sugianto. 

Lebih jauh Kepala SDN Panaongan 3 ini berharap, bahwa dirinya ingin anak didiknya tidak hanya menikmati masa-masa perpisahan mereka, tetapi juga belajar dan mengekspresikan diri melalui seni dan budaya lokal. 

Rangkaian Acara

Acara dimulai dengan sambutan dari kepala sekolah. Kemudian, para siswa menampilkan berbagai jenis pertunjukan seni. Mulai dari group musik al-banjari, paduan suara, kesenian Macopat, baca puisi, lagu daerah, musik hadrah.

"Acara prosesi penyerahan ijazah berlangsung haru, karena para siswa setelah menerima ijazah langsung sungkem kepada para guru dan orang tuanya," terang Agus Sugianto. 

Banyak diantara peserta didik dan orang tuanya yang mencucurkan air. Perasaan haru bercampur bahagia menyelimuti hati mereka. 

Kemudian acara pun ditutup dengan doa. 

Tanggapan wali murid

Salah seorang wali murid, Ustadz Slamet Riyadi yang putrinya lulus tahun ini memberikan komentarnya:

"Saya melihat anak saya sangat antusias dan lebih berani tampil di depan umum. Ini pengalaman yang sangat berkesan bagi kami."

Ia juga berharap, semoga tahun depan dan seterusnya, acara lepas pisah berlangsung lebih semarak lagi. [Kaiy]