Khitanan Gratis: Kerjasama SDN Panaongan 3 dan Puskesmas Pasongsongan

Khitanan Gratis: Kerjasama SDN Panaongan 3 dan
Kepala Puskesmas Pasongsongan [kiri] bersama Kepala SDN Panaongan 3 Pasongsongan. (Foto: Yant Kaiy) 


apoymadura.com - Dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di Desa Panaongan, SDN Panaongan 3 bekerja sama dengan Puskesmas Pasongsongan Kabupaten Sumenep mengadakan kegiatan sosial berupa khitanan gratis. 

Perlu diketahui, kegiatan ini telah menjadi agenda tahunan sejak Agus Sugianto menjabat sebagai Kepala Sekolah di SDN Panaongan 3. Sabtu pagi (22/6/2024). 

Bertempat di sekolah tersebut, khitanan gratis berlangsung sesuai rencana yang diinginkan semua pihak. 

"Kegiatan sosial ini menjadi salah satu program unggulan yang kami kembangkan dengan menggandeng Puskesmas Pasongsongan. Tentu program ini tidak hanya bermanfaat bagi para siswa tetapi juga bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan layanan kesehatan ini," terang Agus Sugianto. 

Kegiatan khitanan gratis ini melibatkan tenaga medis profesional dari Puskesmas Pasongsongan. 

"Ada 17 anak yang sudah didaftarkan orang tuanya pada kami. Sebagian diantara mereka bukan dari SDN Panaongan 3," jelas Agus Sugianto. 

Pelaksanaan khitan

Sebelum pelaksanaan khitan dilakukan persiapan secara matang, yakni dengan melibatkan koordinasi antara pihak sekolah dan Puskesmas. 

Para siswa yang akan dikhitan didata terlebih dahulu, dan orang tua mereka diberikan informasi dan persetujuan untuk mengikuti program ini. 

"Pasca khitan, anak-anak juga mendapatkan paket perawatan dan edukasi kesehatan," terang Kepala Puskesmas Pasongsongan, dr. Ariyanis Rasdyahati, M.Kes.

Proses khitan dilakukan dengan standar medis yang tinggi, menjamin kesehatan dan keselamatan anak.

"Yang pasti, kegiatan ini membantu meringankan beban ekonomi keluarga, terutama bagi mereka yang kurang mampu," tegas Ariyanis. [k4iy]