KH Musleh Adnan: Membangun Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren

Pengajian umum di pondok pesantren Annidhamiyah

PAMEKASAN  - Dai kondang asal Blumbungan Pamekasan mengisi ceramah agama Islam pada acara haflatul imtihan Pondok Pesantren Annidhamiyah, Desa Bindang Kecamatan Pasean. Sabtu siang (6/7/2024). 

"Saat ini, pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam sistem pendidikan di Indonesia, terutama di pondok pesantren," ucap Kiai Musleh. 

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional memiliki peran sentral dalam membentuk karakter santri.

Santri diajarkan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, dan rasa hormat kepada orang tua serta guru. 

Pembelajaran ini tidak hanya dilakukan melalui pengajaran teori, tetapi juga melalui praktik langsung dalam kehidupan sehari-hari.

"Pembelajaran kedisiplinan dan kemandirian menjadi nilai tambah bagi para santri," tegas Kiai Musleh.

Kedisiplinan ini bertujuan untuk membentuk karakter yang tangguh dan berkomitmen dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

Sementara pembelajaran kemandirian bertujuan untuk mengurus kebutuhan sehari-hari mereka sendiri, seperti mencuci pakaian, membersihkan asrama, dan memasak. 

"Latihan ini penting untuk membentuk pribadi yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain," tegas Kiai Musleh. 

Pengajian umum yang diletakkan di halaman lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Annidhamiyah ini dihadiri ratusan orang. Hadirin tak beranjak hingga acara usai. 

Kiai Musleh juga meminta kepada para wali santri untuk senantiasa mencurahkan perhatian dan kasih sayangnya terhadap anak-anaknya selama masa pendidikan. 

"Konsep perhatian antara orang tua dan para gurunya diharapkan santri dapat menjadi individu yang berakhlak mulia, disiplin, mandiri, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat," pungkas Kiai Musleh. [Surya]