Pengalaman Pertama Siswi SMP Annidhamiyah Kelas 3 dalam Lomba Baca Puisi

Lomba baca puisi antar pelajar smp annidhamiyah
Tila sedang membaca puisi Dhara Campor Mardha karya Arach Jamali. [Foto: Yant Kaiy]

apoymadura.com  - SMP Annidhamiyah, berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Annidhamiyah yang berlokasi di Desa Bindang Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. 

Tidak hanya dikenal sebagai institusi pendidikan dari jenjang PAUD hingga SMA, tetapi juga didalamnya ada sebuah pondok pesantren yang mengajarkan pendidikan agama Islam layaknya pesantren lainnya. 

Di sekolah ini, para peserta didik didorong untuk mengeksplorasi berbagai bakat dan kemampuan mereka, salah satunya melalui berbagai ajang lomba tiap tahun. 

Kegiatan multi lomba antar pelajar tersebut dikemas dalam bingkai Haflatul Imtihan. Kegiatan tersebut diselenggarakan tiap hari dan kesannya sangat semarak. 

Tila
Tila nama lengkapnya Fattillah Alfi Maghfirah. [Foto: Yant Kaiy]


Lomba baca puisi

Adapun lomba yang dihelat diantaranya ada lomba hafalan surat-surat pendek Alqur'an, bengkel sholat, pidato bahasa Arab dan Inggris, cerdas cermat, karaoke Islami, baca puisi dan lain sebagainya. 

Pada Rabu malam (3/7/2924), suasana di halaman Annidhamiyah terasa lebih meriah dari biasanya. Di panggung utama sudah disiapkan lengkap dengan dekorasi yang menawan, menandakan akan diadakannya multi lomba antar pelajar. 

Peserta dari berbagai jenjang pendidikan di lingkungan Yayasan Annidhamiyah hadir untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka.

Di tengah kerumunan peserta dan penonton, terlihat seorang siswi kelas 3 SMP Annidhamiyah yang tampak gugup namun bersemangat. Namanya Tila, dan ini adalah kali pertama ia mengikuti lomba baca puisi. 

Sebagai siswi yang dikenal rajin dan berprestasi, Tila selalu memiliki kecintaan khusus pada puisi. 

"Ayah yang selalu memotivasi saya untuk mencoba mengikuti lomba baca puisi ini," ucapnya bersemangat.

Baginya berharap menang sudah pasti. Karena hal itu sebagai modal awal membangun rasa percaya diri. 

Ketika namanya dipanggil, Tila naik ke atas panggung dengan langkah mantap meski jantungnya berdebar kencang. Ia mengenakan seragam sekolah cukup rapi dan jilbab hitam yang menambah kesan anggun pada penampilannya. 

Sorot mata penonton tertuju padanya, membangun semangat tersendiri bagi Tila. 

Puisi Madura yang akan dibacakan Tila berjudul "Dhara Campor Mardhai", sebuah karya penuh dengan cinta tanah air dan pengorbanan seorang pahlawan. 

Suasana menjadi hening ketika Tila mulai melantunkan bait pertama. Dengan suara yang lembut namun tegas, ia menyampaikan setiap kata dengan penuh perasaan. 

Penonton terpukau dengan penampilan Tila. Tepuk tangan meriah mengiringi akhir pembacaan puisinya. 

Meskipun ini adalah pengalaman pertama, Tila berhasil menampilkan pembacaan puisi dengan sangat baik, mengalahkan rasa gugup yang sempat menghantuinya.

Pengalaman pertama Tila mengikuti lomba baca puisi ini tidak hanya menambah rasa percaya dirinya tetapi juga menginspirasi teman-temannya di SMP Annidhamiyah untuk berani mengejar mimpi dan bakat mereka. 

Mengukur diri

Pengalaman Tila adalah contoh nyata bagaimana SMP Annidhamiyah dan Yayasan Pendidikan Annidhamiyah Bindang Pasean Pamekasan berperan dalam mengembangkan potensi peserta didiknya. 

Melalui berbagai kegiatan dan kompetisi, mereka membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga berkarakter dan berbakat dalam berbagai bidang. [Yant Kaiy]