Inilah Para Pemenang Lomba Mewarnai dan Melukis Kaligrafi HUT RI Ke-79 Kecamatan Pasongsongan

Hut ri ke-79
Agus Sugianto (2 dari kiri) bersama para Panitia lomba 17 Agustus 2024. [Sury4]

apoymadura.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-79, Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep menggelar serangkaian kegiatan lomba seni yang melibatkan anak-anak dari berbagai tingkatan pendidikan. 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh panitia pelaksana HUT RI Kecamatan Pasongsongan, dengan fokus pada lomba mewarnai dan melukis kaligrafi.

Lomba mewarnai kaligrafi khusus diperuntukkan anak-anak tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA). Sementara itu, bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), serta siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), diselenggarakan lomba melukis kaligrafi.

Agus Sugianto, yang ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Panitia Lomba Seksi Seni, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kreativitas peserta didik sekaligus menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini melalui seni kaligrafi. 

Panitia hut ri ke-79
Akhmad Jasimul Ahyak (berdiri) mengawasi jalannya lomba lukis kaligrafi. [Sury4]

"Kami berharap melalui ajang lomba ini, anak-anak tidak hanya dapat mengekspresikan kreativitas mereka, tetapi juga lebih mengenal dan mencintai seni kaligrafi sebagai bagian dari warisan budaya Islam," ujarnya.

Dalam pelaksanaan lomba ini, Akhmad Jasimul Ahyak dipercaya sebagai Ketua Koordinator Juri Lomba. Dia memastikan bahwa penilaian akan dilakukan dengan objektif dan profesional. 

"Kami akan menilai berdasarkan beberapa kriteria, termasuk keindahan, kerapihan, serta kesesuaian dengan tema yang ditentukan," jelas Jasimul panggilan akrabnya.

Lomba ini mendapat sambutan antusias dari para peserta dan orang tua yang hadir serta guru pendamping. 

Mereka berharap kegiatan semacam ini terus dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari perayaan HUT RI, sehingga bisa menjadi ajang menumbuhkan bakat-bakat seni di kalangan generasi muda. [Sury4]