Perjalanan Karier Fend Tolothomank, Musisi Berbakat dari Pasongsongan

Perjalanan karier musisi Pasongsongan Kabupaten Sumenep
Fend Tolothomank, musisi dari Pasongsongan Sumenep. [Sury4]

apoymadura.com - Masyarakat Kota Keris Sumenep sudah banyak yang tahu dengan Fend Tolothomank. Seorang musisi berbakat yang lahir di Desa/Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, 45 tahun silam. 

Fend Tolothomank telah menapaki perjalanan sangat panjang dalam dunia musik. Bakat musiknya sudah terasah sejak muda, dan ia telah bergabung dengan beberapa kelompok musik kenamaan di Sumenep. 

"Karier musik saya dimulai pada 1995 karena diajak salah seorang teman. Saat itu saya bergabung dengan Tander Music, sebuah grup yang memberikan pengalaman awal untuk lebih mengeksplorasi keahlian dalam bermain gitar," ucapnya ketika diwawancarai media ini. Kamis (5/9/2024). 

Bersama Tander Music, Fend bermain hingga 1998, sebelum akhirnya ia memutuskan untuk mengejar pengalaman baru dengan bergabung bersama Novas Band.

Di Novas Band, karier Fend semakin berkembang dari 1998 hingga 2000. Ia semakin dikenal sebagai gitaris yang memiliki gaya permainan yang khas dan penuh inovasi. 

Tidak berhenti di sana, Fend kemudian melanjutkan kariernya bersama Zansibar dari  2000 hingga 2001. 

Pengalaman ini semakin memperkaya keahlian dan kreativitasnya dalam bermusik, yang pada akhirnya membentuknya menjadi musisi yang serba bisa.

"Selain grup-grup tersebut, saya juga aktif tampil bersama beberapa orkes melayu ternama seperti OM Ervana, OM Wika, OM Relita, dan juga AS Band," terang musisi yang kini tinggal di Pangarangan, Kecamatan Kota, Sumenep. 

Fend tidak berhenti sampai disitu. Ia semakin percaya diri dengan kemampuan bermusiknya, kini ia juga aktif menciptakan beberapa lagu dari berbagai genre musik. 

"Lagu yang saya buat bukan hasil plagiat. Jadi murni hasil ciptaan sendiri," tegas Fend Tolothomank, menekankan pentingnya orisinalitas dalam karya-karyanya.

Meskipun ia terus berkarya dalam dunia musik, Fend juga aktif dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang guru sukwan di SDN Panaongan 3 Kecamatan Pasongsongan. 

Kombinasi antara mengajar dan bermusik tampaknya memberi Fend keseimbangan hidup yang sempurna, memungkinkan dirinya untuk terus berkembang sebagai pribadi dan musisi. [Sury4]