Agus Sugianto Aktif di Berbagai Kegiatan Pendidikan dan Kemasyarakatan

Kepala Sdn panaongan 3 kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep
Dari kiri: Agus Sugianto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, dan Kepala SDN Panaongan 4 Kecamatan Pasongsongan. [Foto: Surya]

apoymadura.com - Guru adalah pilar utama dalam pendidikan yang berperan besar dalam membentuk masa depan generasi muda. 

Adalah Agus Sugianto, S.Pd, seorang pendidik profesionsl dan memiliki sumbangsih besar dalam dunia pendidikan di Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep. 

Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala SDN Panaongan 3. Agus juga diketahui sebagai sosok Guru Penggerak Angkatan 5 yang telah menyelesaikan program lulus Pengajar Praktik Angkatan 11. 

Dedikasinya dalam dunia pendidikan tidak hanya terlihat dari pengabdiannya sebagai kepala sekolah, tetapi juga dari berbagai kegiatan dan jabatan yang diembannya di lingkungan pendidikan dan kemasyarakatan.

Peran dan Kontribusi di Dunia Pendidikan

Sebagai seorang pemimpin di lingkungan sekolah, Agus Sugianto aktif mengembangkan berbagai program pendidikan yang inovatif dan berkelanjutan. 

Hal ini sejalan dengan perannya sebagai Sekretaris KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) Kecamatan Pasongsongan, dimana ia berperan dalam merumuskan kebijakan dan program kerja yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan.

Agus juga tercatat sebagai Ketua Panitia Pelaksana ISCo MIPA Kecamatan Pasongsongan dan Ketua Panitia Pelaksana ISCo Pediyah Kecamatan Pasongsongan. 

Kedua kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang sains dan bidang keagamaan di Kecamatan Pasongsongan. 

Selain itu, Agus kerap terlibat sebagai Juri Lomba Pidato Bahasa Madura dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Kabupaten Sumenep, yang merupakan ajang pelestarian bahasa dan budaya lokal.

Kiprah dalam Berbagai Organisasi dan Kegiatan

Tidak hanya aktif di bidang pendidikan, Agus Sugianto juga dipercaya untuk memegang sejumlah jabatan strategis dalam organisasi kemasyarakatan. 

Ia merupakan Sekretaris Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Pasongsongan, di mana ia berperan dalam mengembangkan karakter dan keterampilan generasi muda melalui berbagai kegiatan pramuka. 

Selain itu, ia juga menjabat sebagai Sekretaris PERCASI Kecamatan Pasongsongan (Persatuan Catur Seluruh Indonesia), yang menunjukkan komitmennya dalam memajukan dunia olahraga. 

Sebagai salah satu pendidik yang aktif mengikuti pelatihan dan pengembangan. Pada awal Oktober 2024, Agus Sugianto mendapat panggilan untuk mengikuti Pelatihan Pembina Sains Kabupaten Sumenep, yang diadakan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pembinaan siswa dalam bidang sains. 

Setiap tahun, Agus juga rutin dipercaya sebagai Koordinator Lomba Perayaan HUT Kemerdekaan RI Kecamatan Pasongsongan, sebuah tugas skala besar. 

Disini Agus Sugianto ditantang untuk menunjukkan kemampuannya dalam mengelola kegiatan masyarakat umum. Tidak memang mudah. Karena orang yang terpilih biasanya orang yang punya kapasitas dan nilai kepercayaan serta telah teruji oleh waktu. 

Peran di Dunia Usaha dan Ekonomi Kreatif

Selain aktif dalam dunia pendidikan dan organisasi kemasyarakatan, Agus Sugianto juga memiliki peran penting dalam mendukung sektor usaha dan ekonomi kreatif di wilayahnya. Ia dipercaya sebagai Pembina Asosiasi Makanan dan Minuman Jawa Timur (AMJ) Korda Sumenep. 

Tugas ini mengharuskannya untuk membimbing dan mendorong para pelaku usaha makanan dan minuman di daerahnya agar dapat berkembang dan berinovasi.

Kepercayaan Masyarakat

Agus Sugianto, S.Pd, seorang sosok pendidik sekaligus pemimpin yang berdedikasi tinggi. 

Dengan berbagai jabatan strategis yang diembannya, baik di bidang pendidikan, organisasi kemasyarakatan, maupun ekonomi kreatif, ia telah memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Kecamatan Pasongsongan, khususnya dalam mencetak generasi muda yang berkarakter dan berprestasi. 

Selalu belajar dari kesalahan dan pengabdiannya dalam mengemban berbagai tugas menjadikannya sebagai teladan luar biasa.

Pantas baginya diacungi jempol. Bravo Agus Sugianto, karya-karyamu terus dinanti oleh tunas muda Kota Keris Sumenep! [Surya]