Rakernas P-AP3I di Sumenep: Membangun Sinergi dan Melestarikan Budaya Lokal

Pendopo Banyu Urip kecamatan Pasongsongan kabupaten Sumenep
Rakernas P-AP3I di Pendopo Banyu Urip Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. [Foto: Surya]

apoymadura.com - Perkumpulan Antar Para Pemijat Penyehatan Indonesia (P-AP3I) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Pendopo Banyu Urip, Jalan Ki Abubakar Sidik, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep. Sabtu (26/10/2024). 

Rakernas dihadiri para pengurus dari berbagai daerah di Indonesia ini akan membahas program kerja organisasi dalam bidang pijat penyehatan tubuh.

"Diharapkan acara ini dapat menjadi momen penting untuk merumuskan strategi bersama dalam menghadapi tantangan di bidang penyehatan tradisional," terang MS Arifin. 

MS Arifin, sebagai Ketua DPD P-AP3I Jawa Timur dan tuan rumah penyelenggaraan Rakernas menyampaikan, bahwa acara ini jadi peluang dalam menyatukan visi dan misi serta memperkuat jaringan antar para pemijat dari seluruh Indonesia. 

Tidak hanya berfokus pada diskusi internal, Rakernas P-AP3I di Sumenep ini juga menampilkan beberapa kesenian khas daerah. 

"Ada kesenian tari Muang Sangkal, sebuah tarian tradisional yang jadi simbol penyambutan tamu agung. Ada hiburan musik Tongtong, musik khas Sumenep yang menggunakan alat-alat perkusi tradisional. Dan ada Pass Band, " ucap MS Arifin. 

Selanjutnya, merupakan bagian dari rangkaian acara, para peserta Rakernas akan diajak berwisata religi. 

Kegiatan ini bertujuan guna memperkenalkan keindahan dan kekayaan sejarah Sumenep kepada para peserta dari berbagai daerah. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta tidak hanya mendapatkan pengalaman dalam hal peningkatan kapasitas organisasi, tetapi juga mengenal lebih dekat kearifan lokal dan keunikan budaya yang dimiliki Sumenep. [Surya]