SDN Soddara I: Membentuk Karakter Akhlakul Karimah Melalui Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Sdn soddara 1 Pasongsongan
Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SDN Soddara 1 Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. [Foto: Dok pribadi]

apoymadura.com - SDN Soddara I, berlokasi di Desa Soddara Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Semenep, kembali menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan penuh khidmat. Kamis (3/10/2024). 

Peringatan ini diadakan untuk menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa, sesuai dengan visi sekolah, yakni mencetak generasi cerdas secara akademis, dan juga memiliki moral cukup baik. 

"Peringatan Maulid Nabi bukan sekadar seremonial, tetapi sebagai sarana untuk meneladani perilaku Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari," ucap Kepala SDN Soddara I, Sarkawi, S.Pd.SD.

Acara digelar di halaman sekolah tersebut dihadiri seluruh guru, siswa, dan K Khotibul Umam sebagai Komite Sekolah.

Peringatan Maulid Nabi dimulai dengan pembacaan Surah Yasin yang dipimpin oleh Imam Buhari, S.Pd.I, dilanjutkan dengan lantunan Shalawat Nabi oleh Ustadz Matnur Dulsamsih, dan ditutup dengan doa oleh Ketua Komite Sekolah.

Kepala SDN Soddara l menegaskan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya memperingati hari lahir Rasulullah, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat pendidikan karakter bagi siswa. 

"Kami berharap, melalui kegiatan ini, siswa bisa lebih memahami dan meneladani akhlak Nabi, seperti kejujuran, kesabaran, dan kepedulian terhadap sesama," tambah Sarkawi.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SDN Soddara I menjadi ajang yang mempererat hubungan emosional antara siswa, guru, dan masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi sarana pengembangan nilai-nilai moral yang diharapkan dapat diinternalisasi oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. 

"Melalui teladan Rasulullah, siswa diharapkan mampu mengembangkan sikap saling menghormati, disiplin, dan berakhlak mulia," lanjut Sarkawi. 

Sedangkan Ketua Komite Sekolah, K Khotibul Umam, dalam sambutannya menyatakan, bahwa dukungan penuh terhadap program-program yang berfokus pada penguatan karakter siswa.

"Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena pendidikan yang baik bukan hanya tentang prestasi akademik, tetapi juga pembentukan karakter yang kuat," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, SDN Soddara I berkomitmen untuk mencetak generasi penerus bangsa yang tidak hanya unggul di bidang akademis, tetapi juga memiliki akhlakul karimah yang kuat. [Surya/Skw]